TRANSPARANSI GAMPONG BLANG TUNONG

BLANGTUNONG.DESA.ID- Gampong Blang Tunong merupakan unit terkecil dari negara yang terdekat dengan masyarakat dan secara rill langsung menyentuh keutuhan masyarakat untuk disejahterakan. Sebagai wakil negara, Gampong Blang Tunong wajib melakukan pembangunan baik pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia, sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebenar-benarnya kesejahteraan masyarakat gampong. Keuangan desa tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG).

Prinsip atau asas transparansi sendiri adalah sikap membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang pengelolaan keuangan gampong dalam setiap tahapannya, baik dalam perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan anggaran, pertanggung-jawaban, maupun hasil pemeriksaan, dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia gampong.

Prinsip berikutnya yang harus dilaksanakan bersamaan dengan transparansi adalah prinsip memegang akuntabilitas. Yang dimaksud dengan akuntabilitas adalah asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggaraan pemerintahan gampong, khususnya pengelolaan keuangan gampong harus dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemberi mandat kekuasaan kepemerintahan gampong. Dengan transparansi dan akuntabilitas maka akan tercipta tata kelola pemerintahan gampong yang baik dan terpercaya dalam urusan keuangan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan