Membangun Gampong bukan Sekedar Bangunan Fisik, Berikut Ulasan Abusyik

BLANGTUNONG.DESA.ID – Membangun gampong (desa) bukan hanya membuat bangunan fisiknya saja, tetapi juga dengan membangun atau memberdayakan manusianya, serta lingkungan hidup tempat tinggalnya.

“Untuk apa bangunannya bagus, tapi kualitas dan mental masyarakatnya rendah. Begitu juga bagus orangnya, tapi lingkungannya tidak sehat,” Tegas Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) dalam sambutannya pada acara Sosialisasi undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa beserta aturan turunannya, serta penyerahan PAGU dana Gampong se Kabupaten Pidie tahun anggaran 2019 di GOR Alun- alun Kota Sigli, Selasa (12/2/2019).

Oleh karena itu, Abusyik meminta ke semuanya harus ditata dan dibenahi secara berimbang, bersinergi atau Beumeusigrak.

Pembangunan gampong atau penggunaan dana gampong, berdasarkan peraturan perundang-undangan, juga harus sesuai aturan dan selaras dengan perencanaan pembangunan kabupaten.

Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) dalam sambutannya pada acara Sosialisasi undang-undang nomor 6 tahun 2014

“Dan dalam hal ini dapat berpedoman pada Peraturan Bupati yang telah saya tanda tangani. Alhamdulillah, untuk tahun ini, penyerahan pagu, yang sebentar lagi akan kita serahkan, juga sekaligus dengan penyerahan Perbup, yang sudah ditangan saudara,” Katanya.

“Sehingga, harapan kita semua, bulan depan atau bulan Maret, saya ulangi bulan Maret semua APBG telah rampung dikerjakan,” Ujarnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga berpesan beberapa hal terkait kemajuan Gampong (desa) di antaranya;

“Pertama manfaatkan penyaluran dana ini dengan maksimal, tingkatkan kualitas penggunaannya, pelajari masalah- masalah di gampong temukan solusinya, libatkan masyarakat dalam musyawarah serta jangan lupa administrasi pertanggung-jawabannya,” Kata Abusyik.

“Kedua, tata kembali pola kehidupan masyarakat gampong, buat qanun gampong yang mengakomodir kebutuhan masyarakat, semisal penertiban ternak, jam bertamu bagi muda-mudi, mengaji ba’da magrib,” Tambah dia.

“Dan seterusnya terakhir, tahun ini kita akan mengikuti pesta demokrasi, silakan pilih presiden, anggota legislatif sesuai dengan keinginan masing-masing tapi jangan korbankan persahabatan, persaudaraan dan silaturahmi diantara sesama kita,” Demikian disampaikan Abusyik.

Sumber : iglobalnews.co.id

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai