Pembagian Juara Untuk Pemenang Perlombaan Geulayang Tunang

Para Pemenang Perlombaan Geulayang Tunang di Persawahan Blang Tunong

BLANGTUNONG.DESA.ID- Pembagian Untuk Para Juara Pemenang Perlombaan Geulayang Tunang.

Juara 1 Bumi Rencong

Juara 2 Raja Nago

Juara 3 Mando/Mursal

Juara 4 Raja Nago

Juara 5 Amat Menasah mayang

Para Pemenang Perlombaan Geulayang Tunang di Persawahan Blang Tunong
Para Pemenang Perlombaan Geulayang Tunang di Persawahan Blang Tunong

Geulayang Tunang adalah Salah satu tradisi masyrakat Aceh ketika usai panen padi adalah lomba menunggang layang yang dikenal sebagai ‘Tunang Layang’ atau kadang disebut ‘Geulayang Tunang’. Kompetisi layang-layang telah lama menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat Aceh dan bahkan dalam catatan sejarah juga bahwa lomba layang-layang ini telah ada sebelum nusantara terbentuk.

Para Peserta Perlombaan Geulayang Tunang

Geulayang Tunang adalah perlombaan untuk masyarakat Aceh yang biasanya dilakukan setelah masyarakat selesai memanen padi. Alasan mengapa lomba ini dilakukan pasca panen, adalah karena biasanya memasuki musim kemarau, lahan kering.

Di Aceh ada berbagai jenis layang-layang, tetapi layang-layang yang dibolehkan mengikuti lomba adalah jenis layang-layang Aceh, seperti layang kleung, layang buleun dan lain-lain.

Geulayang Tunang di Udara

Nama “Tunang” sendiri diambil dari spesifikasi kondisi kemenangan dalam lomba, di mana layang-layang yang paling tegak atau lurus, jadi dia adalah pemenangnya. Persyaratan perlombaan harus memiliki panjang benang yang sama sementara layang-layang bebas tergantung pada motif dan strategi masing-masing. Ketika lomba dimulai, layang-layang harus dinaikkan dengan batas waktu yang diberikan. Pemenang akan dinilai pada posisi layang-layang yang paling tegak. Jika peserta tidak dapat menaikkan layang-layang atau menghabiskan panjang tali yang diberikan selama jangka waktu tertentu, maka peserta secara teknis dianggap batal.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan